Cara Memilih Jajanan untuk Anak di Sekolah Yang Sehat Dan Bergizi

Memilih Jajanan untuk Anak di Sekolah Yang Sehat

Anak sekolah seringkali mengkonsumsi makanan yang menurut mereka enak tanpa memandang kandungan kimia pada makanan apakah berbahaya bagi tubuh atau tidak. Makanan yang paling sering di makan itu berupa makanan manis dan pedas dengan warna yang sangat mencolok. Padahal masa pertumbuhan anak sekolah tersebut terbilang masa keemasan. Masa keemasan maksudnya adalah bagaimana si anak memiliki perkembangan daya befikir dan imajinasi yang tinggi sehingga makanan yang dinilai kurang sehat dan tidak bergizi dapat menghambat tumbuh kembang daya berfikir dan daya kreatif anak menjadi melemah. Hal itu disebabkan kandungan kimia pada jajanan anak sekolah  bisa jadi dianggap racun dan memiliki radikal bebas yang tinggi sehingga dapat merusak sel-sel tubuh dan sel neurotransmitter yang sangat berguna bagi daya kognitif dan imajinasi dalam menagkap beragam informasi yang berada di sekitarnya.

Tentunya perlu adanya perhatian khusus mengenai jajanan sekolahan yang kian bervariasi namun sangat lemah gizi. Peran orang tua sangat penting dalam menentukan konsumsi si buah hati sehingga nantinya berpengaruh besar bagi masa depannya kelak. Orang tua seharusnya tahu bagaimana cara preventif demi masa depan yang cemerlang untuk si buah hati.Berikut beberapa ulasan yang dapat dijadikan referensi bagi bunda dalam memilih jajanan anak sekolah yang sehat dan bergizi.

Tempat dagang yang tidak terkenal polusi,Tempat dagang yang tepat maupun tidak dapat berpengaruh terhadap makanan yang dijajakan. Hal ini berkaitan adanya interaksi antara makanan yang tersaji dengan pengaruh langsung lingkungan. Tentunya pengaruh reaksi oksidasi sangat mempengaruhi kandungan kimia makanan. Makanan yang mengalami reaksi oksidasi dapat menimbulkan radikal bebas apabila makanan masuk ke dalam tubuh.

Jajanan anak sekolah di sebagian besar di Indonesia rata-rata berada dalam kategori di tempat ruang terbuka sehingga anak-anak seringkali jajan sembarangan dan nantinya berakibat fatal bagi dirinya.Hindari jajanan di tempat terbuka, Jajanan sekolah sangat diminati anak-anak terutama yang berwarna mencolok, banyak, dan rasanya gurih. Makanan jenis ini perlu diperhatikan apalagi dijual di tempat terbuka, tentunya banyak sekali binatang kecil berterbangan seperti lalat hinggap pada makanan. Selain itu, lalat merupakan vektor berbagai penyakit yang sangat berbahaya apabila makanan ynag dihinggapi dikonsumsi oleh anak.

Jangan memilih makanan terbungkus kertas maupun koran bekas. Memilih jajanan anak sekolah yang sehat bagi anak sangat diperlukan terutama kemasan yang dipakai untuk membungkus makanan. makanan yang dibungkus dengan kertas maupun koran bekas sangat buruk bagi kesehatan karena reaksi makanan dengan bungkusnya mengakibatkan timbulnya radikal bebas dalam tubuh.Bawa bekal dari rumah, membawa makanan dari rumah atau dikenal dengan bekal sangat dianjurkan selain itu perlu memilih makanan yangTerdaftar di BPOM

shares