Tips Agar Cepat Dipanggil Interview untuk Fresh Graduate

Tips Agar Cepat Dipanggil Interview untuk Fresh Graduate

Ikuti 4 tips di bawah ini untuk mendapatkan kesempatan cepat dipanggil untuk interview bagi para fresh graduate:

  • Buat CV Menarik

Dalam membuat Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup, seseorang harus lebih kreatif tanpa mengurangi tata cara penulisan surat resmi yang benar. Membuat CV adalah sebuah skill, oleh karena itu tingkatkan skill tersebut dengan mencari referensi. Saat ini, sudah banyak website yang memberikan free template CV bagi Anda yang sulit menemukan konsep CV menarik sendiri. Dengan mengunduhnya, maka secara tidak langsung setengah pekerjaan sudah dilakukan. Tinggal mengisi CV dengan identitas dan seluruh kelebihan yang dimiliki seperti pengalaman bekerja saat menjadi mahasiswa dan sebagainya.

  • Lampirkan Piagam

Piagam perlombaan menunjukkan tentang antusiasme seseorang dalam berkompetisi. Sebaiknya urutkan piagam dari yang Anda menangkan dulu, baru sebagai peserta. Dengan melampirkan piagam, hal ini akan membuat CV semakin menarik untuk dibaca. Para atasan atau pihak HRD akan menggarisbawahi pelamar mana yang sudah memiliki banyak pengalaman lomba. Karena sebuah kantor pasti berkompetisi dengan perusahaan lain, maka bukti piagam akan sangat membantu dalam menyelesaikan masalah antusiasme kompetisi karyawan.

  • Sertifikat Pelatihan Adalah Bukti Kecakapan

Jika Anda pernah mengikuti pelatihan di bidang apapun, baik yang relevan atau tidak, cantumkan saja salinan sertifikatnya. Ada beberapa kantor yang membutuhkan karyawan multi talenta untuk bisa mengurus berbagai hal. Dengan memiliki banyak sertifikat pelatihan, maka Anda akan dianggam mampu mengerjakan urusan yang berkaitan dengan bidang tersebut. Jadi, dalam membuat CV yang disertai sertifikat Anda perlu memperhatikan mana yang paling relevan dengan bidang pekerjaan dan tidak. Urutkan sertifikat berdasarkan tingkat relevansinya dengan pekerjaan yang akan dilamar. Jika Anda belum memiliki banyak sertifikat atau bahkan tidak ada sama sekali, sebaiknya ikuti pelatihan dan seminar yang bisa diadakan secara offline maupun online.

  • Skor TOEFL atau Tes Lainnya

Saat ini, kemampuan berbahasa Inggris atau bahasa lainnya sangat berpengaruh bagi perekrutan calon karyawan. Apalagi setelah semakin banyaknya tenaga kerja asing di Indonesia karena pengaruh MEA. Anda harus berkompetisi dengan calon karyawan dari luar negeri sehingga bukti kemampuan tes TOEFL atau tes lainnya akan sangat mendukung bobot CV. Membuat CV yang baik bisa dilakukan dengan tata urutan ijazah, bukti transkrip nilai tes TOEFL atau sejenisnya, piagam penghargaan, dan sertifikat. Dengan mengatur tata letak sedemikian rupa, maka Anda akan mendapatkan CV yang menarik baik bagi anggota HRD maupun atasan. Hal ini tentu sangat membantu agar Anda bisa diterima sebagai karyawan. Meskipun seorang fresh graduate, jika pengalamannya banyak dan berbobot tentu layak dipertimbangkan sebagai kandidat kuat.

shares