Hal Kecil yang Berperan Penting untuk Smart City

Hal Kecil yang Berperan Penting untuk Smart City

Mendengar nama smart city tentu saja membuat Anda berpikir tentang sebuah kota yang ideal dengan berbagai fasilitas terbaik. Kota yang smart tentu saja membuat benak berpikir tentang sebuah kota yang benar-benar ideal. Status ekonomi yang baik, pelayanan publik yang terjamin kualitasnya, dan hal kecil yang berperan penting dalam mewujudukannya.

  1. Lampu Jalan

Lampu jalan dianggap hal yang tidak penting dan sering dikategorikan menjadi bagian kecil dalam sebuah kota. Padahal tentu keamanan dan kenyamanan di lalu lintas terbentuk dan terjaga salah satunya dengan keberadaan lampu jalan.

Ketika sebuah kota telah dibentuk menjadi kota yang smart, maka akan ada sebuah sistem yang memantau kondisi lampu yang rusak. Nantinya lampu jalan juga dapat dimatikan dan dinyalakan dengan jarak jauh. Keberadaan lampu jalan yang selalu terjaga dan terpantau tentunya akan membuat kota terlihat terang. Selain itu juga memberikan kenyamanan pada masyarakat.

  1. Area Parkir

Hal kecil yang dianggap  tidak penting selanjutnya adalah area parkir. Area ini tentu saja menjadi penting dan mempengaruhi kenyamanan masyarakat, terkhususnya pada fasilitas pelayanan publik. Contohnya saja area pakir di pasar, rumah sakit, perkantoran, dan pusat berbelanja.

Keberadaan area parkir yang tertib akan memberikan kenyamanan, tanpa perlu khawatir akan terjadinya kehilangan atau kerusakan. Smart city kedepannya akan membuat area parkir ini dengan tersistem. Hal ini tentunya akan mempermudah masyarakat dalam mencari area untuk memarkirkan kendaraannya.

Sistem akan membuat Anda bisa memesan terlebih dahulu tempat parkir yang diperlukan sebelum tiba dilokasi. Ini bisa terjadi dengan penggunaan teknologi dan keakuran data yang diperlukan. Tentunya program ini akan berjalan dengan kerja sama berbagai instansi pemerintahan.

Jika area parkir sudah terbentuk dengan rapi, maka tidak akan mempengaruhi lalu lintas. Daerah yang ramai tidak akan mengalami kemacetan. Kota akan terlihat bersih dengan penataan yang rapi. Ini akan membuat kota yang smart terwujud dengan baik.

  1. Tempat sampah

Hal kecil berikutnya yang dianggap tidak penting, tetapi memiliki peran yang besar adalah tempat sampah. Keberadaan tempat sampah akan membantu untuk menciptakan kota yang bersih dan bebas dari banjir. Seharusnya sebuah kota yang akan menjalankan program smart menyediakan sebuah bak penampungan sampah.

Bak penampungan sampah ini tentu saja tidak dibiarkan, tetapi dikelola dengan baik oleh petugas kebersihan. Bisa diatur dengan baik secara rutin dan berkala untuk pemantauannya. Kemudian, dapat pula ditambah dengan ketertiban pembuangan sampah di lingkungan masyarakat.

Caranya dapat dilakukan dengan adanya pengutipan sampah secara rutin ke rumah-rumah yang dilakukan oleh petugas kebersihan. Informasikan hal ini kepada masyarakat agar dapat menyesuaikan dengan meletakkan sampahnya di depan rumah.

Jika ini dijalankan, kota yang bersih akan tercipta dan menjadi bentuk kerjasama yang nyata antara masyarakat dan pemerintah. Berbagai virus atau penyakit yang disebabkan oleh keberadaan sampah yang tidak terkendalipun akan teratasi.

  1. Ketersediaan Listrik

Kota yang smart tentu saja memiliki ketersediaan listrik yang memadai. Ketersediaan listrik ini akan membuat seluruh aspek pelayanan publik dapat berjalan dengan lancar. Kebutuhan harian masyarakat pun akan terpenuhi, sehingga dapat mendukung terbentuknya kota yang smart.

Ketika berhasil menciptakan smart city tentunya akan menjadi kebanggaan bagi kota dan masyarakat yang berperan di dalamnya. Keberadaannya ini perlu dilakukan analisa yang baik dari berbagai aspek termasuk anggaran. Analisa dari berbagai persoalan memerlukan solusinya cepat dan tangkas. Dalam hal ini bisa menggunakan jasa Lintasarta untuk mencarikan solusinya.

shares